Sabtu, 27 Oktober 2012



Jaringan Komputer Saluran Menuju Dunia Luar
Di era informasi dan globalisasi saat ini, kebutuhan akan informasi merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam dunia bisnis, karena itu orang – orang kemudian bekerja dalam sebuah tim, bekerja bersama – sama serta saling mempertukarkan informasi dan sumber daya.
Peranan komputer dalam kehidupan sehari – hari semakin terasa. Berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang dilakukan dengan bantuan komputer karena kebutuhan pengolahan data – data dan informasi, maka dalam sebuah organisasi bisnis atau sebuah perusahaan kadang – kadang dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Untuk kelancaran dan efisiensi, komputer – komputer yang tersebut kemudian dihubungkan  satu sama lain. Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya disebut dengan jaringan komputer.
Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan serat transfer data dari komputer – komputer yang ada di dalam jaringan. Dengan kata lain, komputer server juga dapat berfungsi untuk mengatur aliran data dalam jaringan. Selain itu komputer server juga dapat berfungsi sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer – komputer client. Sumber tersebut dapat berupa data – data, program – program, file – file, dan sebagainya, Sedangkan komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan.
Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa peran serta jaringan dalam komputer sangat berperan aktif. Peran dari jaringan begitu berarti pada zaman sekarang ini, karena kegiatan banyak sekali dilakukan di depan layar monitor komputer, mulai dari bertukar data dan transfer data dari komputer satu dengan yang lain, bertukar informasi, ber-internet, bahkan sampai mencari teman melalui internet dengan jaringan komputer. Banyak sekali manfaat dan kegunaan jaringan komputer, bahkan kegunaan ini sangat melekat pada masyarakat di seluruh dunia saat ini. Tanpa jaringan komputer kita tidak dapat berinteraksi dengan dunia luar dan tidak dapat terhubung ke dunia internet. Karena jaringan komputer di ibaratkan sebagai jembatan, saluran atau jalan keluar masuknya data. Jika tidak ada jaringan komputer mungkin masyarakat di dunia tidak akan berkembang dan tidak akan bisa bertukar ide dan informasi. Karena ide dan informasi banyak sekali di temukan di internet. Beruntunglah bagi mereka yang lahir dan berada di zaman era teknologi saat ini, mereka semua tidak perlu susah – susah dalam berkarya, mengembangkan ide, dan menunjukkan ide – ide ke dunia luar. Dengan menggunakan internet yang di sambungkan dengan jaringan komputer semunya akan terlaksana dan tercipta. Berbeda dengan orang – orang di zaman dulu, mereka semua tidak dapat merasakkan bagaimana internet itu, bahkan internet hanya bisa di nikmati di instansi tertentu. Itu karena keterbatasan teknologi dan sumber daya, serta mengoptimalkan jaringan ke dalam komputer sangatlah berkecukupan. Bahkan untuk bertukar data dari komputer dengan komputer yang lain, mereka harus menggunakan kurir antar barang. Bayangkan jika hal itu terjadi dan berlangsung sekarang, berapa banyaknya jasa tukang kurir antar barang sekarang. Padahal yang di kirim dan di terima hanyalah data yang kecil dan ringan.
Jadi bersukurlah kita semua sekarang ini, dengan adanya jaringan komputer yang tersambung dimana saja dan kapan saja dibutuhkan kita siap meluncur dan masuk ke dunia internet dan melihat ke dunia luar dan juga menggali informasi dan bertukar data yang di inginkan. Kita tanpa jaringan komputer bukan apa – apa, jaringan komputer tanpa kita bukan apa –  apa. Jadi interaksi keduanya sangat berpangaruh. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar